None of coincidences that happen in life. Because everything had been arranged by God. So also with our meetings and all that happened between us. Love you and love you all my life..

Selasa, 11 Oktober 2011

Kuku, Kulit, Rambut, Gigi

A. KUKU

Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.
Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.
Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Cara merawat kebersihan dan kesehatan kuku

Salah satu bagian dari tangan yang harus kita rawat adalah kuku. Kita harus menjaga agar kuku selalu dalam keadaan bersih, lembab dan tampak sehat. Efek dari kuku yang tidak sehat adalah kuku jadi rusak dan mudah patah, disamping itu cepat lambatnya pertumbuhan kuku juga sangat bergantung pada kondisi kesehatan kuku.
Untuk menjaga agar kuku tetap dalam keadaan sehat, tidak rusak dan tidak mudah patah, anda dapat melakukan beberapa tips di bawah :
 Usahakan agar kuku selalu dalam keadaan bersih dan terawatt
 Gunakan lotion atau cream khusus untuk kuku yang banyak terdapat dipasaran
 Rendam kuku dengan perasan air jeruk nipis. Untuk hasil yang lebih bagus anda bisa juga merendam kuku dengan air susu
 Cara lain adalah dengan mencampur 2 sendok teh garam, 2 sendok teh minyak kasturi, 1 sendok teh minyak ekstrak benih gandum lalu aduk sampai rata lalu masukan ke botol. Teteskan 1 tetes ramuan tadi ke permukaan kuku lalu gosokkan dan diamkan sekitar 3 – 5 menit. Kemudian bersihkan kuku dan rendam jari jari dalam air hangat.
Bagi seorang akhwat, sangat tidak dianjurkan menggunakan pewarna kuku kecuali hanya untuk ditujukan buat suaminya dan itu pun biasanya dengan pewarna kuku yang tidak permanen atau bersifat temporal, misalnya kita mengenal pewarna alami dari daun pacar cina atau pacar mekkah atau yang sejenis dan dari segi thaharah pun itu masih ditolerir jika memang tidak menghalangi meresapnya air ke dalam pori-pori kuku ketika berwudhu atau mandi hadas besar.
 Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.
 Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.
 Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.
 Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.
 Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.
 Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.

B. KULIT

Kulit manusia terdiri atas epidermis dan dermis. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (kelenjar sudorifera) yang terletak di lapisan dermis. Kulit adalah organ tubuh yang paling besar dan paling kelihatan. Organ ini mempunyai beberapa fungsi penting, antara lain melindungi organ-organ dalam dan mengatur suhu tubuh.
Kulit juga berperan sebagai indikator yang menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi tubuh anda berjalan. Kulit memiliki banyak fungsi diantaranya adalah:
 Menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya
 Melindungi tubuh dari masuknya mikroorganisme dan benda asing yang dapat membahayakan tubuh. Fungsi ini merupakan fungsi perlindungan pasif. Selain fungsi perlindungan pasif, lapisan dermis berperan dalam proses menyiapkan limfosit yang di produksi oleh sumsum tulang sebelum benar-benar dipakai untuk menyerang berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Peran kulit dalam hal ini merupakan peran aktif dalam perlindungan tubuh.
 Pengaturan suhu. Kulit, jaringan sub kutan dan lemak merupakan penyekat panas dari tubuh. Lemak menyalurkan panas sepertiga kecepatan jaringan lain atau dalam kata lain lemak menghambat pengeluaran panas dari tubuh. . Kecepatan aliran darah ke kulit menyebabkan konduksi panas sangat efisien. Konduksi panas ke kulit diatur oleh sistem syaraf simpatis. Syaraf simpatis mengatur kecepatan lairan darah dengan menstimulasi vaso konstriksi dan vaso dilatasi.
 Ekskresi: Melalui perspirasi/berkeringat, membuang sejumah kecil urea.
Cara Menjaga Kesehatan Kulit
Berikut ini ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh yang aman dan murah untuk kita terapkan pada pola hidup kita. Tidak perlu mengeluarkan ongkos mahal untuk perawatan kulit tubuh. Cara-cara ini sangat sederhana dan mampu untuk membuat kesehatan kulit anda menjaga lebih segar dan awet muda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini, jika ingin mendapatkan kulit yang sehat:
 Jaga kebersihan kulit. Tidak perlu berlebihan, jika berlebihan malah akan menyebabkan kulit kering. Cukup mandi 2x sehari dan pakai seminggu sekali.
 Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kelembaban kulit.
 Pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat (buah dan sayur) dan olah raga secara teratur.
 Menjaga kulit agar tetap kering dan bersih, khususnya area lipatan kulit dan area yang tertutup. Karena area tersebut mudah terinfeksi jamur kulit. Gunakan bedak anti jamur, 2x sehari pagi dan malam sehabis mandi untuk pengobatan dan cukup 1x sehari di pagi hari untuk pencegahan.
 Jangan lupa memperhatikan makanan dan minuman untuk kesehatan yang dikomsumsi tiap-tiap hari, bergizi dan berserat tinggi serta mengandung cairan dan mineral.

C. RAMBUT

Pengertian Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit kalau dipangkas. Dengan adanya rambut, selain berfungsi sebagai MAHKOTA, juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari, cuaca dingin. Rambut membutuhkan penataan dan perawatan secara teratur supaya rambut tetap sehat, indah, dan berkilau.
Rambut SEHAT adalah rambut yang siklus pertumbuhannya cukup panjang dan mempunyai kelembaban yang cukup serta dalam bagian dasar rambut mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin (Zat warna rambut/pigmen) dan sel-sel yang mengsintesakan keratin keras (hard keratin) sebagai dasar pembentukan rambut sehingga rambut tampak hitam berkilau, mudah diatur dan mempunyai akar rambut yang kuat.
Cara Merawat Rambut Sehat
 Bersihkan Rambut Secara Teratur
Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut anak dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambut bagi anak tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.
 Pilih Sampo Yang Tepat
Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut si kecil jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak sampo pilihan buat anak. Sedangkan untuk bayi, pilihlah yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.
 Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda,
Gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.
 Sering-seringlah memijat kulit kepala.
Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika men-shampoo sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.
 Pilah-Pilih Sisir
Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisiri rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.
Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.
 Gunting Rambut
Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.
 Konsumsi Makanan Bergizi
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.
 Jauhi Sinar Matahari
Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.
 Kenakan Penutup Saat Berenang
Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam.
 Hati-Hati Saat Mengeringkan
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut anak.

D. GIGI

Berikut ini adalah 9 tips singkat dan efektif untuk merawat kebersihan gigi dan mulut anda. Tips ini sebaiknya diikuti dan dilaksanakan jika anda ingin gigi anda tetap sehat.
 Sekali Setahun. Berkunjunglah ke dokter gigi minimal sekali setahun, dan sebaiknya dimulai dari usia dini, karena kerusakan gigi dapat terjadi setelah gigi tumbuh.
 Tiga kali sehari. Sikatlah gigi anda tiga kali sehari setelah makan. Waktu yang sangat penting adalah sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari.
 Pasta gigi, dengan fluorida. Para ahli kesehatan gigi merekomendasikan penggunaan pasta gigi fluoride untuk mencegah kerusakan gigi
 Sikatlah dengan tepat. Geraka menyikat yang tepat adalah dengan membuat gerakan yang sifatnya kecil, halus dan elips (berputar), di bagian bawah gusi, gigi belakang dan daerah di sekitar gigi bagian atas.
 Segera ganti bila sikat gigi rusak. Para ahli merekomendasikan mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan untuk mencegah timbulnya penyakit gusi.
 Gunakan benang gigi (dental floss). Gunakan benang gigi atau (dental floss)setiap hari, waktu terbaik untuk menggunakannya pada malam hari, karena pada saat tidur tidak teradapt air liur, dan kondisi ini dapat mempercepat pembentukan plak.
 Gunakan obat kumur. Obat kumur merupakan perawatan tambahan terhadap kesehatan gigi anda.
 Jaga kebersihan gigi. Jika Anda harus makan diluar rumah dan anda tidak dapat menggunakan sikat gigi maka gunakanlah permen karet bebas gula untuk membantu membersihkan gigi anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar