None of coincidences that happen in life. Because everything had been arranged by God. So also with our meetings and all that happened between us. Love you and love you all my life..

Kamis, 27 Oktober 2011

Jangan Seenak Udel Loe Aja Sob!!! Manusia Unique lho.

“Apapun yang akan terjadi dimasa depan memang akan selalu menjadi misteri. Indigo manusia takkan bisa menembus kaca transparan yang dibuat oleh Tuhan. Hari yang telah berlalu pasti akan selalu menyisakan tanda tanya besar dalam setiap detik yang telah kita lalui. Takkan terpecahkan dengan konsep fisika, matematika, dan kimia.”

Inilah kutipan kata-kata asal yang kemaren baru gw temuin saat gw lagi pup. Tapi setelah dipikir-pikir lagi ternyata emang ada benernya juga (ups….bukan “emang ada benernya juga” tapi emang bener banget!!!!!). Gag ada satu manusiapun yang bisa memecahkan misteri hidup ini (kecuali loe nonton film action produksinya Hollywood, hehehehehehehe).

Oya, gw lagi pengen crita nih tentang temand satu kelas gw yang di kampus. Gw heran sam tu anak. Kalau menurut gw nih ya, dia adalah orang yang paling nyebelin yang pernah gw kenal (gag,,bukan!!! Gw lebih setuju dengan kata-kata “munafik”, tapi jangan euy, kelewat kejam!!!!!). dia manusia super nyebelin. Seenak udelnya aja memvonis kualitas seseorang. Gw gag setuju!!!!

Setau gw sampe sekarang belum ada standarisasi buat memvonis kualitas otak orang. Manusia itu unik!!! Mesikipun disatu bidang doi lemah, bukan berarti dalam bidang danhal lainnya doi juga bego. Diluaran sana banyak koq orang-orang yang sukses dengan berbagai kekurangan yang ia miliki.

Sekian dulu cerita dari gw hari ini…..

Narkoba dan Zat Adiktif

A. Asal Mula Narkoba

Kurang lebih th. 2000 SM di Samaria dikenal sari bunga opion atau kemudian dikenal opium (candu = papavor somniferitum). Bunga ini tumbuh subur di daerah dataran tinggi di atas ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Penyebaran selanjutnya adalah ke arah India,Cina dan wilayah-wilayah Asia lainnya.
Cina kemudian menjadi tempat yang sangat subur dalam penyebaran candu ini (dimungkinkan karena iklim dan keadaan negeri). Memasuki abad ke XVII masalah candu ini bagi Cina telah menjadi masalah nasional; bahkan di abad XIX terjadi perangcandu dimana akhirnya Cina ditaklukan Inggris dengan harus merelakan Hong Kong.
Tahun 1806 seorang dokter dari Westphalia bernama Friedrich Wilhelim sertuner menemukan modifikasi candu yang dicampur amoniak yang kemudian dikenal sebagai Morphin (diambil dari nama dewa mimpi Yunani yang bernama Morphius).
Tahun 1856 waktu pecah perang saudara di A.S. Morphin ini sangat populer dipergunakan untuk penghilang rasa sakit luka-luka perang sebahagian tahanan-tahanan tersebut "ketagihan" disebut sebagai "penyakit tentara"
Tahun 1874 seorang ahli kimia bernama Alder Wright dari London, merebus cairan morphin dengan asam anhidrat (cairan asam yang ada pada sejenis jamur) Campuran ini membawa efek ketika diuji coba kepada anjing yaitu: anjing tersebut tiarap, ketakutan, mengantuk dan muntah-muntah. Namun tahun 1898 pabrik obat "Bayer" memproduksi obat tersebut dengannama Heroin, sebagai obat resmi penghilang sakit (pain killer).
Tahun 60-an - 70-an pusat penyebaran candu dunia berada pada daerah "Golden Triangle" yaitu Myanmar, Thailand & Laos. Dengan produksi: 700 ribu ton setiap tahun. Juga pada daerah "Golden Crescent" yaitu Pakistan, Iran dan Afganistan dari Golden Crescent menuju Afrika danAmerika.
Selain morphin & heroin adalagi jenis lain yaitu kokain (ery throxylor coca) berasal dari tumbuhan coca yang tumbuh di Peru dan Bolavia. Biasanya digunakan untuk penyembuhan Asma dan TBC.
Di akhir tahun 70-an ketika tingkat tekanan hidup manusia semakin meningkat serta tekhnologi mendukung maka diberilah campuran-campuran khusus agar candu tersebut dapat juga dalam bentuk obat-obatan.

B. Pengertian Narkoba

Narkoba adalah setiap zat yang memiliki efek samping bila digunakan terus – menerus akan menimbulkan ketagihan. Sehingga semakin lama seseorang akan mengkonsumsi dengan jumlah yang semakin besar untuk memperoleh khasiat dari zat tersebut. Dalam jangka panjang akan menyebabkan efek komplikasi yang bisa berbentuk bermacam – macam.
Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.
Narkoba dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu :
1. Narkotika - untuk menurunkan kesadaran atau rasa.
2. Psikotropika - mempengaruhi psikis dari pengaruh selektif susunan syaraf pusat otak
3. Obat atau zat berbahaya

Narkotika :
Menurut UU RI No 22 / 1997, Narkotika adalah: zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Narkotika terdiri dari 3 golongan :

1. Golongan I :
Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Heroin, Kokain, Ganja.

2. Golongan II :
Narkotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan / atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Morfin, Petidin.

3. Golongan III :
Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan / atau tujuan pengebangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan. Contoh : Codein.
Psikotropika :
Menurut UU RI No 5 / 1997, Psikotropika adalah : zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.
Psikotropika terdiri dari 4 golongan :

1. Golongan I :
Psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Ekstasi.
2. Golongan II :
Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan dapat digunakan dalan terapi dan / atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Amphetamine.

3. Golongan III :
Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan / atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Phenobarbital.

4. Golongan IV :
Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi dan / atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Diazepam, Nitrazepam ( BK, DUM ).
Zat adiktif lainnya :
Yang termasuk Zat Adiktif lainnya adalah : bahan / zat yang berpengaruh psikoaktif diluar Narkotika dan Psikotropika, meliputi :
1. Minuman Alkohol : Mengandung etanol etil alkohol, yang berpengaruh menekan susunan saraf pusat, dan sering menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari – hari dalam kebudayaan tertentu.
2. Inhalasi ( gas yang dihirup ) dan solven ( zat pelarut ) mudah menguap berupa senyawa organik, yang terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, kantor, dan sebagai pelumas mesin. Yang sering disalahgunakan adalah : Lem, Tiner, Penghapus Cat Kuku, Bensin.
3. Tembakau : Pemakaian tembakau yang mengandung nikotin sangat luas di masyarakat.
Berdasarkan efeknya terhadap perilaku yang ditimbulkan dari NAPZA dapat digolongkan menjadi 3 golongan :

1. Golongan Depresan ( Downer ). Adalah jenis NAPZA yang berfungsi mengurangi aktifitas fungsional tubuh. Jenis ini membuat pemakainya menjadi tenang dan bahkan membuat tertidur bahkan tak sadarkan diri. Contohnya: Opioda ( Morfin, Heroin, Codein ), sedative ( penenang ), Hipnotik (obat tidur) dan Tranquilizer (anti cemas ).

2. Golongan Stimulan ( Upper ). Adalah jenis NAPZA yang merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan kerja. Jenis ini menbuat pemakainnya menjadi aktif, segar dan bersemangat. Contoh: Amphetamine (Shabu, Ekstasi), Kokain.

3. Golongan Halusinogen. Adalah jenis NAPZA yang dapat menimbulkan efek halusinasi yang bersifat merubah perasaan, pikiran dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga seluruh persaan dapat terganggu. Contoh: Kanabis ( ganja ).

C. Penyalahgunaan Napza

Di dalam masyarakat NAPZA / NARKOBA yang sering disalahgunakan adalah :
1. Opiada,
Terdapat 3 golonagan besar :
a. Opioda alamiah ( Opiat ) : Morfin, Opium, Codein.
b. Opioda semisintetik : Heroin / putauw, Hidromorfin.
c. Opioda sintetik : Metadon.
Nama jalanan dari Putauw : ptw, black heroin, brown sugar. Heroin yang murni berbentuk bubuk putih, sedangkan yang tidak murni berwarna putih keabuan.
Dihasilkan dari getah Opium poppy diolah menjadi morfin dengan proses tertentu dihasilkan putauw, yang kekuatannya 10 kali melebihi morfin.Sedangkan opioda sintetik mempunyai kekuatan 400 kali lebih kuat dari morfin. Morfin, Codein, Methadon adalah zat yang digunakan oleh dokter sebagai penghilang sakit yang sangat kuat, misalnya pada opreasi, penderita cancer.
Reaksi dari pemakaian ini sangat cepat yang kemudian menimbulkan perasaan ingin menyendiri untuk menikmati efek rasanya dan pada taraf kecanduan pemakai akan kehilangan percaya diri hingga tak mempunyai keinginan untuk bersosialisasi. Pemakai akan membentuk dunianya sendiri, mereka merasa bahwa lingkungannya menjadi musuh.
2. Kokain :
Kokain berupa kristal putih, rasanya sedikit pahit dan lebih mudah larut. Nama jalanan : koka, coke, happy dust, chalie, srepet, snow / salju.
Cara pemakainnya : membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus diatas permukaan kaca atau alas yang permukaannya datar kemudian dihirup dengan menggunakan penyedot seperti sedotan atau dengan cara dibakar bersama dengan tembakau. Penggunaan dengan cara dihirup akan beresiko kering dan luka pada sekitar lubang hidung bagian dalam.
Efek pemakain kokain : pemakai akan merasa segar, kehilangan nafsu makan, menambah percaya diri, dan dapat menghilangkan rasa sakit dan lelah.
3. Kanabis :
Nama jalanan : cimeng, ganja, gelek, hasish, marijuana, grass, bhang. Berasal dari tanaman kanabis sativa atau kanabis indica.
Cara penggunaan : dihisap dengan cara dipadatkan menyerupai rokok atau dengan menggunakan pipa rokok.
Efek rasa dari kanabis tergolong cepat, pemakai cenderung merasa lebih santai, rasa gembira berlebihan ( euphoria ), sering berfantasi / menghayal, aktif berkomunikasi, selera makan tinggi, sensitive, kering pada mulut dan tenggorokan.
4. Amphetamine :
Nama jalanan : seed, meth, crystal, whiz. Bentuknya ada yang berbentuk bubuk warna putih dan keabuan dan juga tablet.
Cara penggunaan : dengan cara dihirup. Sedangkan yang berbentuk tablet diminum dengan air.
Ada 2 jenis Amphetamine :
a. MDMA ( methylene dioxy methamphetamine )
Nama jalanan : Inex, xtc.
Dikemas dalam bentuk tablet dan capsul.
b. Metamphetamine ice
Nama jalanan : SHABU, SS, ice.
Cara pengunaan dibakar dengan mengunakan alumunium foil dan asapnya dihisap atau dibakar dengan menggunakan botol kaca yang dirancang khusus ( boong ).
5. LSD ( Lysergic Acid ).
Termasuk dalam golongan halusinogen.
Nama jalanan : acid, trips, tabs, kertas.
Bentuk : biasa didapatkan dalam bentuk kertas berukuran kotak kecil sebesar seperempat perangko dalam banyak warna dan gambar. Ada juga yang berbentuk pil dan kapsul.
Cara penggunaan : meletakan LSD pada permukaan lidah, dan bereaksi setelah 30 – 60 menit kemudian, menghilang setelah 8 – 12 jam.
Efek rasa : terjadi halusinasi tempat, warna, dan waktu sehingga timbul obsesi yang sangat indah dan bahkan menyeramkan dan lama – lama menjadikan penggunaanya paranoid.
6. Sedatif – hipnotik ( benzodiazepin ) :
Termasuk golongan zat sedative ( obat penenang ) dan hipnotika ( obat tidur ). Nama jalanan : Benzodiazepin : BK, Dum, Lexo, MG, Rohyp.
Cara pemakaian : dengan diminum, disuntikan, atau dimasukan lewat anus. Digunakan di bidang medis untuk pengobatan pada pasien yang mengalami kecemasan, kejang, stress, serta sebagai obat tidur.
7. Solvent / inhalasi :
Adalah uap gas yang digunakan dengan cara dihirup. Contohnya : Aerosol, Lem, Isi korek api gas, Tiner, Cairan untuk dry cleaning, Uap bensin.
Biasanya digunakan dengan cara coba – coba oleh anak di bawah umur, pada golongan yang kurang mampu.
Efek yang ditimbulkan : pusing, kepala berputar, halusinasi ringan, mual, muntah gangguan fungsi paru, jantung dan hati.
8. Alkohol :
Merupakan zat psikoaktif yang sering digunakan manusia Diperoleh dari proses fermentasi madu, gula, sari buah dan umbi – umbian yang mengahasilkan kadar alkohol tidak lebih dari 15 %, setelah itu dilakukan proses penyulingan sehingga dihasilkan kadar alkohol yang lebih tinggi, bahkan 100 %.
Nama jalanan : booze, drink.
Efek yang ditimbulkan : euphoria, bahkan penurunan kesadaran
Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.
Dari segi efek dan dampak yang ditimbulkan pada para pemakai narkoba dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan / jenis :


1. Upper
Upper adalah jenis narkoba yang membuat si pemakai menjadi aktif seperti sabu-sabu, ekstasi dan amfetamin.
2. Downer
Downer adalah golongan narkoba yang dapat membuat orang yang memakai jenis narkoba itu jadi tenang dengan sifatnya yang menenangkan / sedatif seperti obat tidur (hipnotik) dan obat anti rasa cemas.
3. Halusinogen
Halusinogen adalah napza yang beracun karena lebih menonjol sifat racunnya dibandingkan dengan kegunaan medis.

D. Narkoba Yang Masuk Ke Sekolah

Ada banyak cara atau jalan sehingga anrkoba bias memasuki lingkungan sekolah diantaranya adalah sebaagi berikut :

1. Si pengedar berpura-pura menjadi pedagang asongan yang berjualan disekitarlingkungan sekolah. Ia mencapur makanan yang ia jual dengan narkoba atau bahan adiktif lainnya sehingga menimbulkan efek ketgihan pada si pembeli. Dan pada akhirnya si pembeli akan ketagihan.
2. Cara berikutnya adalah si pelaku mencakoki langsung barang haram tersebut ke calon korbannya secara terang-terangan. Dalam hal ini si pengedar akan mengamati terlebih dahulu calon korbannya dengan seksama. Biasanya si pengedar akan mencakoki barang haram ini pada korban yang terlihat sedang dalam keadaan panic atau frustasi.

E. Cara Pencegahan Agar Narkoba Tidak Masuk Ke Lingkungan Sekolah

Upaya pencegahan meliputi 3 hal :
1. Pencegahan primer : mengenali remaja resiko tinggi penyalahgunaan NAPZA dan melakukan intervensi.
2. Pencegahan Sekunder : mengobati dan intervensi agar tidak lagi menggunakan NAPZA.
3. Pencegahan Tersier : merehabilitasi penyalahgunaan NAPZA.
Yang dapat dilakukan di lingkungan keluarga untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA :
1. Mengasuh anak dengan baik.
2. Ciptakan suasana yang hangat dan bersahabat
3. Meluangkan waktu untuk kebersamaan.
4. Orang tua menjadi contoh yang baik.
5. Kembangkan komunikasi yang baik. Komunikasi dua arah, bersikap terbuka dan jujur, mendengarkan dan menghormati pendapat anak.
6. Memperkuat kehidupan beragama.
7. Orang tua memahami masalah penyalahgunaan NAPZA agar dapat berdiskusi dengan anak

F. Cara Penanganan Narkoba di Lingkungan Sekolah

Pencegahan berbasis sekolah (School Based Prevention) lebih mudah dilaksanakan dikarena sekolah lebih berstruktur sehingga dapat diadakan pengawasan meskipun dilaksanakan secara komprehensif dan terpadu. Dalam melaksanakan pendidikan pencegahan di sekolah dalam kurikulum maupun kegiatan exstrakurikuler yang menyangkut upaya meningkatkan kualitas hidup secara bertahap disisipkan pengetahuan atau pelajaran yang bertujuan untuk mensisialisasikan kebijakan penanggulangan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.
Dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba dilingkungan sekolah perlu diadakan langkah-langkah, sebagai berikut antara lain menilai besar dan luasnya masalah dan mengembangkan mekanisme pengawasannya. Tetapkan kebhijakan yang jelas dan konsisten yang berlaku bagi siswa, guru dan semua personil di lingkungan sekolah yang menyelesaikan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah tidak di benarkan.
Melaksanakan pendidikan pencegahan melalui kurikulum dan ekstra kurikuler, mensosialisasikan dan melaksanakan kebijakan penanggulangan. Kemudian mengikuti/mengadakan pelatihan untuk para guru tentang pencegahan narkoba untuk mengetahui materi-materi yang perlu dikuasai terampil menggunakan metode mengajar sesuai tingkat dan umur serta gejala-gejala penyalahgunaan narkoba.
Menyelenggarakan program bantuan/pendukung anak-anak sejak TK sampai dengan siswa, antara lain kelompok belajar, kegiatan-kegiatan alternative, konseling untuk teman sebaya, ketrampilan, kerja bakti social dan lain-lain. Kemudian mengharapkan partisipasi orang tua, dan pendekatan terpadu sekolah dan masyarakat.
Salah satu prioritas pembangunan pendidikan adalah peningkatan mutu pendidikan sebagai mjawaban terhadap kerterpurukan sumberdaya manusian (SDM) Indonesia di era tantangan global. Dijelaskan Pak Yan, peningkatan kualitas SDM ini hanya dapat dipenuhi dengan penyiapan peserta didik dan generasi muda yang aktif, dinamis dan mampu menjawab tantangan global, bukan generasi muda yang malas, rendah diri, apatis, kurang gairah, dan bermasa depan suram. Pada beberapa peserta didik, perilaku-perilaku negative ini banyak dijumpai sebagai akibat penyalahgunaan narkoba yang saat ini sangat memperihatinkan.
Menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba, setidaknya ada tiga unsur yang berhubungan langsung dan saling terkait satu sama yang lainnya, yaitu : (1) siswa sekolah, (2) pihak sekolah meliputi kepala sekolah, para guru, pegawai/karyawan sekolah, petugas keamanan, petugas kebersihan, pengelola kantin, dan sebagainya, dan (3) orang tua siswa. Kerja sama dan kesamaan langkah dan tujuan pada ketiga unsur ini mempunyai peranan yang penting untuk terciptanya lingkungan sekolah bebas Narkoba.
Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Siswa
Siswa dapat melakukan kegiatan yang membantu lingkungan sekolah menjadi tempat yang aman tanpa gangguan dan ancaman. Beberapa langkah dapat dilakukan siswa sekolah di antaranya :
1. Melaporkan segala bentuk pemilikan, peredaran atau penyalahgunaan Narkoba kepada pihak sekolah dan orang tua.
2. Melaporkan bahaya Narkoba dan cara-cara menghindari pengaruh Narkoba dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk membantu teman dalam memahami dan menghindari penggunaan Narkoba.
3. Segera mencari pertolongan guru/orang tua baik mengetahui salah seorang siswa yang sudah terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.
4. Mendorong orang tua untuk aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan di sekolah dalam rangka penanggulangan narkoba.
5. Aktif berpartisipasi dalam organisasi sekolah atau ikut membantu mengembangkan gagasan yang berhubungan dengan program pencegahan penanggulangan Narkoba.
6. Secara sukarela ikut berperan dalam gerakan keamanan dan ketertiban sekolah.
7. Menyempatkan diri sebagai tutor bagi adik kelas untuk setiap kegiatan kampanye Anti Narkoba.
8. Berupaya menjalin komunikasi yang baik dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa.
Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Sekolah
Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba dapat ditempuh dengan beberapa kegiatan, di antaranya :
1. Membentuk tim Gerakan Keamanan Sekolah bersama Komite Sekolah dan masyarakat sekitar untuk menciptakan lngkungan sekolah bebas Narkoba.
2. Megembangkan program lingkungan sekolah bebas Narkoba berdasarkan situasi dan kondisi sekolah.
3. Melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, informatif, apresiatif dan penuh tantangan.
4. Menegakkan kebijakan sekolah secara jelas dan tegas dengan mempertimbangkan masukan dari pihak siswa dan orang tua siswa sesuai dengan kondisi yang berkembang pada saat itu.
5. Meninjau kembali pemberlakuan peraturan yang dinilai terlalu keras dan berhubungan langsung dengan PBM di sekolah.
6. Bekerja sama dengan aparat penegak hukum yang dapat dipercaya dalam menangai masalah pelanggaran hukum oleh siswa di lingkungan sekolah.
7. Segera menindalanjuti dan mengambil tindakan tegas bila mendapat laporan tentang adanya pemilikan, peredaranm dan penggunaan Narkoba oleh siswa di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah.
8. Mendorong seluruh aparat sekolah untuk respek terhadap sesama aparat sekolah, dengan orang tua siswa maupun terhadap siswa.
9. Berupaya menjalin komunikasi yang baik denga sesama aparat, dengan orang tua siswa, masyarakat sekitar sekolah dan dengan siswa sendiri.
10. Mendorong masyarakat dan instansi terkait untuk mendukung sekolah dan berpartisipasi dalam program pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan sekolah.
11. Bekerjasama denga pihak terkait agar sekolah tetap berfungsi setelah jam pembelajaran sehingga siswa dapat melakukan kegiatan ekstrakurikuler dengan aman, tetap ada dalam pengawasan sekolah.
12. Mengusahakan fasilitas sekolah yang memadai, seperti fasilitas olah raga, kesenian (seni tari, seni musik, seni rupa, seni sastra dan seni teater), dan keterampilan lainnya. Hal ini memungkinkan siswa dapat menyalurkan potensinya, rasa bosan dan jenuh selama mengikuti kegiatan belajar.
Langkah-Langkah Kegiatan Untuk Orang Tua Siswa
Orang tua siswa harus menjadi bagian dari sekolah dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah bebas dari Narkoba. Orang tua siswa harus turut serta dalam mendukung kebijakan atau program sekolah sehingga terjadi kesinambungan antara peraturan yang diberlakukan di sekolah terhadap anak-anaknya. Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan orang tua siswa, anatara lain :
1. Menetapkan standar perilaku, batasan dan laporan yang jelas atas kegiatan anak-anaknya.
2. Membuat kesepakatan dengan baik terhadap kegiatan yang diijinkan untuk diikuti dengan batasan-batasan tertentu.
3. Mendistribusikan peraturan/disiplin sekolah dengan anak-anaknya.
4. Mendorong anak agar terbuka terhadap keadaan sekolah (bercerita tentang kegiatan di sekolah, pengalaman-pengalaman di sekolah, masalah pelanggaran yang terjadi di sekolah, dan sebagainya).
5. Melibatkan diri dengan sekolah baik dalam pertemuan orang tua yang diselengarakan oleh sekolah maupun di luar undangan sekolah.
6. Mengupayakan komunikasi yang baik dengan anak dan teman-temannya yang bisa diajak diskusi tentang isu penyalahgunaan Narkoba.
7. Bekerjasama dengan sekolah dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah dalam upaya pencegahan dan penyalahgunaan Narkoba.
8. Membicarakan akibat penyalahgunaan Narkoba dengan anak.
9. Memantau kegiatan yang dilakukan anak, kenali teman akrabnya dan upayakan untuk mengenal orang tuanya.
10. Mendorong anak untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan potensi dan minatnya. Beri dorongan agar anak menekuni hobinya. Jangan biarkan anak bermalas-malasan dan melakukan kegiatan yang mengarah negatif.

G. Dampak Penggunaan Naroba di Lingkungan Sekolah

 Merusak disiplin dan motivasi belajar.
 Meningkatnya tindak kenakalan, membolos, tawuran pelajar.
 Mempengaruhi peningkatan penyalahguanaan diantara sesama teman sebaya.

H. Pengaruh Penyalahgunaan Napza Pada Kesehatan

Komplikasi Medik : biasanya digunakan dalam jumlah yang banyak dan cukup lama. Pengaruhnya pada :
a. Otak dan susunan saraf pusat :
 gangguan daya ingat
 gangguan perhatian / konsentrasi
 gangguan bertindak rasional
 gagguan perserpsi sehingga menimbulkan halusinasi
 gangguan motivasi, sehingga malas sekolah atau bekerja
 gangguan pengendalian diri, sehingga sulit membedakan baik / buruk.
b. Pada saluran napas : dapat terjadi radang paru ( Bronchopnemonia ). pembengkakan paru ( Oedema Paru )
c. Jantung : peradangan otot jantung, penyempitan pembuluh darah jantung.
d. Hati : terjadi Hepatitis B dan C yang menular melalui jarum suntik, hubungan seksual.
e. Penyakit Menular Seksual ( PMS ) dan HIV / AIDS.
f. Sistem Reproduksi : sering terjadi kemandulan.
g. Kulit : terdapat bekas suntikan bagi pengguna yang menggunakan jarum suntik, sehingga mereka sering menggunakan baju lengan panjang.
h. Komplikasi pada kehamilan :
 Ibu : anemia, infeksi vagina, hepatitis, AIDS.
 Kandungan : abortus, keracunan kehamilan, bayi lahir mati
 Janin : pertumbuhan terhambat, premature, berat bayi rendah.

Selasa, 25 Oktober 2011

A story about Nana

lagi lagi si nana susah boker. kasian...

sungguh tragis nasib tu anak.... tiap pagi dia harus ngerasaain penderitaan yang teramat pedih sebelum merasakan kenikmatan yang tiada duanya di dunia ini, PUP!!!!

kasian...

Senin, 17 Oktober 2011

Arrrrrrrrrrrrrrggggggggggghhhhhhh....

Kos-kosan mulai gag asik nih.

Gag tau knapa, gw jadi malas balik ke kos-kosan. Sebenarnya sih bukannya gag tau. gw tau koq alasan gw malasa balik. Hanya saj gw berpura-pura gag tau.

Mungkin inilah alasannya kenapa dulu si mama gag ngasih gw ijin buat ngekos. Gw penganut faham Idealis. Gw paling gag suka kalu di ganggu. Paling gag suka kalau segala sesuatunya gag berjalan seperti yang udah gw planingin dalam otak kecil gw.

Ya sekarang semuanya terbukti. Gw jadi mals balik ke kos-kosan karna bisik-bisik tetangga yang gag jelas (pada dasarnya sih jelas. Merka marah dan berbisik-bisik karna kelakukan temen gw semalem. Emang sih kelakuan temen gw agak sedikit kelewatan dan keterlaluan. Tapi yg paling gag gw suka adalah mereka make majas pas prototo buat bilang itu semua. Secara tidak langsung mereka juga nge-cap gw dong?! Gw paling gag terima sama yg begituan. Kalau temen gw salah, ya bilangin baik-baik ke dia lah. Nasehatin dia biar gag berbuat katak semalam lagi. Gamapng kan???? Gag usah bawa-bawa gw dong!

Ya mungkin emang beginilah seharusnya,,,


Gw bosen!!!!!!

Selasa, 11 Oktober 2011

Kuku, Kulit, Rambut, Gigi

A. KUKU

Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur.
Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.
Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Cara merawat kebersihan dan kesehatan kuku

Salah satu bagian dari tangan yang harus kita rawat adalah kuku. Kita harus menjaga agar kuku selalu dalam keadaan bersih, lembab dan tampak sehat. Efek dari kuku yang tidak sehat adalah kuku jadi rusak dan mudah patah, disamping itu cepat lambatnya pertumbuhan kuku juga sangat bergantung pada kondisi kesehatan kuku.
Untuk menjaga agar kuku tetap dalam keadaan sehat, tidak rusak dan tidak mudah patah, anda dapat melakukan beberapa tips di bawah :
 Usahakan agar kuku selalu dalam keadaan bersih dan terawatt
 Gunakan lotion atau cream khusus untuk kuku yang banyak terdapat dipasaran
 Rendam kuku dengan perasan air jeruk nipis. Untuk hasil yang lebih bagus anda bisa juga merendam kuku dengan air susu
 Cara lain adalah dengan mencampur 2 sendok teh garam, 2 sendok teh minyak kasturi, 1 sendok teh minyak ekstrak benih gandum lalu aduk sampai rata lalu masukan ke botol. Teteskan 1 tetes ramuan tadi ke permukaan kuku lalu gosokkan dan diamkan sekitar 3 – 5 menit. Kemudian bersihkan kuku dan rendam jari jari dalam air hangat.
Bagi seorang akhwat, sangat tidak dianjurkan menggunakan pewarna kuku kecuali hanya untuk ditujukan buat suaminya dan itu pun biasanya dengan pewarna kuku yang tidak permanen atau bersifat temporal, misalnya kita mengenal pewarna alami dari daun pacar cina atau pacar mekkah atau yang sejenis dan dari segi thaharah pun itu masih ditolerir jika memang tidak menghalangi meresapnya air ke dalam pori-pori kuku ketika berwudhu atau mandi hadas besar.
 Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.
 Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga dapat membuat kuku dan tangan menjadi kasar. Untuk melembutkan tangan, rendamlah tangan kita ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.
 Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.
 Pertumbuhan kuku tangan setiap minggunya sekitar 0,5-1,5 mm yaitu empat kali lebih cepat daripada pertumbuhan kuku kaki. Untuk itu, usahakan agar kuku tangan kita tetap pendek untuk mengeliminir masuknya kuman-kuman atau bibit penyakit berlebihan melalui kuku.
 Untuk mencegah kuku dari kekeringan dan terutama khusus buat akhwat atau perempuan pada umumnya, berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia.
 Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.

B. KULIT

Kulit manusia terdiri atas epidermis dan dermis. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena adanya kelenjar keringat (kelenjar sudorifera) yang terletak di lapisan dermis. Kulit adalah organ tubuh yang paling besar dan paling kelihatan. Organ ini mempunyai beberapa fungsi penting, antara lain melindungi organ-organ dalam dan mengatur suhu tubuh.
Kulit juga berperan sebagai indikator yang menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi tubuh anda berjalan. Kulit memiliki banyak fungsi diantaranya adalah:
 Menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya
 Melindungi tubuh dari masuknya mikroorganisme dan benda asing yang dapat membahayakan tubuh. Fungsi ini merupakan fungsi perlindungan pasif. Selain fungsi perlindungan pasif, lapisan dermis berperan dalam proses menyiapkan limfosit yang di produksi oleh sumsum tulang sebelum benar-benar dipakai untuk menyerang berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Peran kulit dalam hal ini merupakan peran aktif dalam perlindungan tubuh.
 Pengaturan suhu. Kulit, jaringan sub kutan dan lemak merupakan penyekat panas dari tubuh. Lemak menyalurkan panas sepertiga kecepatan jaringan lain atau dalam kata lain lemak menghambat pengeluaran panas dari tubuh. . Kecepatan aliran darah ke kulit menyebabkan konduksi panas sangat efisien. Konduksi panas ke kulit diatur oleh sistem syaraf simpatis. Syaraf simpatis mengatur kecepatan lairan darah dengan menstimulasi vaso konstriksi dan vaso dilatasi.
 Ekskresi: Melalui perspirasi/berkeringat, membuang sejumah kecil urea.
Cara Menjaga Kesehatan Kulit
Berikut ini ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh yang aman dan murah untuk kita terapkan pada pola hidup kita. Tidak perlu mengeluarkan ongkos mahal untuk perawatan kulit tubuh. Cara-cara ini sangat sederhana dan mampu untuk membuat kesehatan kulit anda menjaga lebih segar dan awet muda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini, jika ingin mendapatkan kulit yang sehat:
 Jaga kebersihan kulit. Tidak perlu berlebihan, jika berlebihan malah akan menyebabkan kulit kering. Cukup mandi 2x sehari dan pakai seminggu sekali.
 Minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga kelembaban kulit.
 Pola hidup sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan serat (buah dan sayur) dan olah raga secara teratur.
 Menjaga kulit agar tetap kering dan bersih, khususnya area lipatan kulit dan area yang tertutup. Karena area tersebut mudah terinfeksi jamur kulit. Gunakan bedak anti jamur, 2x sehari pagi dan malam sehabis mandi untuk pengobatan dan cukup 1x sehari di pagi hari untuk pencegahan.
 Jangan lupa memperhatikan makanan dan minuman untuk kesehatan yang dikomsumsi tiap-tiap hari, bergizi dan berserat tinggi serta mengandung cairan dan mineral.

C. RAMBUT

Pengertian Rambut adalah sesuatu yang keluar dari dalam kulit dan kulit kepala, rambut tidak mempunyai syaraf perasa, sehingga rambut tidak terasa sakit kalau dipangkas. Dengan adanya rambut, selain berfungsi sebagai MAHKOTA, juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik matahari, cuaca dingin. Rambut membutuhkan penataan dan perawatan secara teratur supaya rambut tetap sehat, indah, dan berkilau.
Rambut SEHAT adalah rambut yang siklus pertumbuhannya cukup panjang dan mempunyai kelembaban yang cukup serta dalam bagian dasar rambut mengandung sel-sel melanosit yang cukup untuk menghasilkan melanin (Zat warna rambut/pigmen) dan sel-sel yang mengsintesakan keratin keras (hard keratin) sebagai dasar pembentukan rambut sehingga rambut tampak hitam berkilau, mudah diatur dan mempunyai akar rambut yang kuat.
Cara Merawat Rambut Sehat
 Bersihkan Rambut Secara Teratur
Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut anak dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambut bagi anak tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.
 Pilih Sampo Yang Tepat
Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut si kecil jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak sampo pilihan buat anak. Sedangkan untuk bayi, pilihlah yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.
 Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda,
Gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.
 Sering-seringlah memijat kulit kepala.
Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut. Tundukkan kepala ketika men-shampoo sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak Anda mendapat asupan oksigen lebih baik yang dapat membantu Anda berkonsentrasi dengan lebih baik lagi.
 Pilah-Pilih Sisir
Gunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisiri rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.
Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.
 Gunting Rambut
Guntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.
 Konsumsi Makanan Bergizi
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.
 Jauhi Sinar Matahari
Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.
 Kenakan Penutup Saat Berenang
Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam.
 Hati-Hati Saat Mengeringkan
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut anak.

D. GIGI

Berikut ini adalah 9 tips singkat dan efektif untuk merawat kebersihan gigi dan mulut anda. Tips ini sebaiknya diikuti dan dilaksanakan jika anda ingin gigi anda tetap sehat.
 Sekali Setahun. Berkunjunglah ke dokter gigi minimal sekali setahun, dan sebaiknya dimulai dari usia dini, karena kerusakan gigi dapat terjadi setelah gigi tumbuh.
 Tiga kali sehari. Sikatlah gigi anda tiga kali sehari setelah makan. Waktu yang sangat penting adalah sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari.
 Pasta gigi, dengan fluorida. Para ahli kesehatan gigi merekomendasikan penggunaan pasta gigi fluoride untuk mencegah kerusakan gigi
 Sikatlah dengan tepat. Geraka menyikat yang tepat adalah dengan membuat gerakan yang sifatnya kecil, halus dan elips (berputar), di bagian bawah gusi, gigi belakang dan daerah di sekitar gigi bagian atas.
 Segera ganti bila sikat gigi rusak. Para ahli merekomendasikan mengganti sikat gigi Anda setiap tiga bulan untuk mencegah timbulnya penyakit gusi.
 Gunakan benang gigi (dental floss). Gunakan benang gigi atau (dental floss)setiap hari, waktu terbaik untuk menggunakannya pada malam hari, karena pada saat tidur tidak teradapt air liur, dan kondisi ini dapat mempercepat pembentukan plak.
 Gunakan obat kumur. Obat kumur merupakan perawatan tambahan terhadap kesehatan gigi anda.
 Jaga kebersihan gigi. Jika Anda harus makan diluar rumah dan anda tidak dapat menggunakan sikat gigi maka gunakanlah permen karet bebas gula untuk membantu membersihkan gigi anda

PENGERTIAN MINERAL

A. PENGERTIAN MINERAL

Mineral merupakan komponen inorganik yang terdapat dalam tubuh manusia. Mineral merupakan unsure isensial bagi fungsi normal sebagian enzim dan sangat penting dalam pengendalian komposisi cairan tubuh 65% adalah air dalam bobot tubuh. Berdasarkan dari kebutuhannya, mineral terbagi menjadi 2 kelompok yaitu mineral makro & mineral mikro. Mineral makro dibutuhkan dengan jumlah > 100 mg per hari sedangkan mineral mikro dibutuhkan dengan jumlah <100 mg per hari.

Mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh akan memiliki fungsi khasnya masing-masing seperti kalsium yang berperan dalam pembentukan struktur tulang & gigi, natrium berfungsi dalam menjaga kesimbangan cairan tubuh atau juga kalsium yang berfungsi untuk memperlancar kontraksi otot. Secara umum, fungsi mineral adalah
(1) Menjaga keseimbangan asam basa tubuh,
(2) Katalis reaksi-reaksi biologis,
(3) Komponen dari bagian-bagian tubuh yang penting,
(4) Menjaga keseimbangan air,
(5) Transmisi impuls syaraf,
(6) Mengatur kontraksi otot dan
(7) Membantu pertumbuhan jaringan tubuh
NO. Mineral Makro Persen Berat Badan
1. Calcium 1.5% – 2.2%
2. Phosporus 0.8% -1.2%
3. Natrium 0.35%
4. Sulfur 0.25%
5. Klorin 0.15%
6. Sodium 0.15%
7. Magnesium 0.05%

B. MACAM-MACAM MINERAL MAKRO

Berikut ini akan dibahas mengenai mineral makro. Yang termasuk mineral makro antara lain:
1. Natrium (Na)
2. Klorida (Cl)
3. Kalium (K)
4. Kalsium (Ca)
5. Fosfor (P)
6. Magnesium (Mg)
7. Sulfur (S)

1. Kalsium (Ca)

Kalsium merupakan salah satu makromineral yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Jadi, konsumsi kalsium dalam jumlah secukupnya. Konsumsi 2 gelas susu perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh.
Manfaat Kalsium:
 Untuk pembentukan tulang dan gigi,
 Mengatur pembekuan darah, eksitabilitas saraf otot, kerekatan seluler, memelihara dan meningkatkan fungsi membran sel, mengaktifkan reaksi enzim dan sekresi hormon. Kalsium berperan dalam perangsangan saraf dan otot, penggumpalan darah, perantara dalam tanggap hormonal dan beberapa aktivitas enzim. Sumber Kalsium terdapat pada : Susu, Keju, Ikan, Udang, Tempe, dan Kacang-kacangan.
Akibat kekurangan Kalsium :
 Gangguan pertumbuhan, tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh, disebut juga ricketsia atau rachitis;
 Tetani atau kejang otot, misalnya pada kaki

2. Fospor (P)

Fosfor adalah bagian dari senyawa tinggi yang diperlukan dalam suplai energi untuk kegiatan seluler. Karena peranannya yang sangat penting dalam metabolisme pada jaringan hewan dan tanaman maka mineral ini umumnya terdapat dalam setiap bahan makanan.
Manfaat fosfor (P) :
 Klasifikasi tulang dan gigi, absorpsi dan mengangkut zat gizi;
 Mengatur keseimbangan asam basa serta proses lain dalam tubuh
Akibat kekurangan fosfor (P) ;
 Menyebabkan kerusakan pada tulang, dengan gejala rasa lelah dan kurang nafsu makan.
 Menyebabkan terjadi nya proses kalsifikasi (pengerasan) pada organ-organ tubuh yang tidak seharusnya seperti ginjal.
Sumber fosfor (P) ;
 Terdapat pada Daging, Ayam, Ikan, Telur, Susu, dan Kacang-kacangan

3. Magnesium

Magnesium merupakan makromineral keempat terbanyak dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh, magnesium ditemukan pada bagian tulang (60-65%) dan pada otot (25%) serta sisanya tersebar merata pada sel tubuh dan cairan tubuh. Peranan magnesium dalam tumbuh-tumbuhan sama dengan peranan zat besi dalam ikatan hemoglobin dalam darah manusia yaitu untuk pernafasan. Magnesium terlibat dalam berbagai proses metabolism. Magnesium terdapat dalam tulang dan gigi, otot, jaringan lunak dan cairan tubuh lainnya.

Orang dewasa pria membutuhkan magnesium sebanyak 350mg/hari dan untuk dewasa wanita membutuhkan magnesium sebanyak 300mg/hari. Jika terjadi defisiensi, maka akan menimbulkan gangguan metabolic, insomania, kejang kaki serta telapak kaki dan tangan gemetar.
Manfaat Magnesium;
 Sebagai bagian lebih dari 300 enzim yang berperan dalam metabolisme zat gizi di dalam tubuh
 Membantu pada transmisi syaraf, pembekuan darah, relaksasi otot dan mencegah kerusakan gigi;
Akibat kekurangan Magnesium;
 Terjadi pada komplikasi penyakit yang menyebabkan gangguan absorpsi
Sumber Magnesium;
 Terdapat pada Sayuran Hijau, Daging, Kacang-kacangan, dan Susu.

4. Sulfur (S)

Sulfur merupakan bagian dari zat-zat gizi esensial, seperti vitamin tiamnin dan biotin serta asam amino metionin dan sistein. Sulfur terdapat dalam tulang rawan, kulit, rambut dan kuku yang banyak mengandung jaringan ikat yang bersifat kaku.
Manfaat Sulfur (S);
 Sebagai bagian zat-zat gizi penting seperti vitamin, asam amino, enzim dan koenzim untuk berbagai proses dalam tubuh.
Akibat kekurangan Sulfur (S);
Sumber Sulfur
 Makanan sumber protein.

5. Sodium atau Natrium (Na)

Tubuh manusia mengandung 1.8 gram natrium 1.8 gram natrium (Na) perkilo gram berat badan bebas lemak. Dalam tulang, natrium dalam tulang kira-kira sebanyak 30-45% dari total natrium tubuh. Pangan nabati mengandung natrium lebih sedikit di bandingkan dengan pangan hewani.
Manfaat Sodium atau Natrium (Na)
 Menjaga keseimbangan cairan, asam basa, transmisi syaraf, kontraksi otot, dll;
Sumber Na
 Garam dapur, MSG kecap, makanan yang diawetkan dengan garam dapur
Akibat kekurangan Sodium;
 Menyebabkan kejang, apatis dan kehilangan nafsu makan. Dapat terjadi pada kondisi diare, muntah, keringat yang berlebihan;
Kelebihan :
 Dapat menyebabkan terjadinya edema dan hipertensi.

6. Kalium (K)

Manfaat Kalium (K);
 Kalium bersama Na adalah dalam pemeliharaan keseimbangan cairan dan elektrolit, asam basa, transmisi syaraf, dan relaksasi otot.
Akibat Kekurangan Kalium:
 Kekurangan terjadi jika diare kronis, muntah pada penggunaan obat pencahar, deuretik
Akibat Kelebihan :
 Kelebihan kalium dapat terjadi bila konsumsi melebihi 12 g/ m2 permukaan tubuh sehari tanpa diimbangi oleh kenaikan eksresi. Jadi, kebutuhan minimum kalium sekitar 2000 mg sehari. Kelebihan kalium dapat terjadi bila ada gangguan fungsi ginjal.
Sumber Kalium (K);
 Terdapat pada makanan mentah atau segar, terutama sayur-sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

7. Klor (CL)

Konsentrasi klor tertinggi adalah dalam cairan serebrospinal (otak dan sumsum tulang belakang), lambung dan pancreas.
Fungsi :
 Berperan dalam memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit dalam cairan ekstraseluler.
 Memelihara suasana asam dalam lambung sebagai bagian dari HCL, yang diperlukan untuk bekerjanya enzim-enzim pencernaan.
 Membantu pemeliharaan keseimbangan asam dan basa bersama unsur-unsur pembentuk asam lainnya
 Ion klor dapat dengan mudah keluar dari sel darah merah dan masuk ke dalam plasma darah guna membantu mengangkut karbondioksida ke paru-paru dan keluar dari tubuh.
Kekurangan :
 Kekurangan klor terjadi pada muntah-muntah, diare kronis, dan keringat berlebihan.
Kelebihan :
 Kelebihan juga bisa membuat muntah.

Sabtu, 01 Oktober 2011

Bolong nya udak Kayak Lobang Ozon

yap bener,,,

Hari ini gw ulang tahun. Birthday nya gw gittuh.

Tapi gag tau kenapa gw malah ngerasa kosong dan sepi. Gw malahan sedih, bukannya bahagia. Hati ini rasanya remuk redam, tapi ya itu lah gw juga gag tau kenapa. Sumpah, demi Tuhan gw ngerasa amat teramat sedih. Kayaknya ada bolongan yang makin lama makin membesardi hati gw. Rasanya makin perih, makin sakit dan makin pilu. Seakan-akan bolongannya itu udah sebesar bolongnya lapisan Ozon yang nyelimuti bumi ini dan bikin kutub Utaraplus Selatan jadi mencair (lebay banget gw!!! Tapi ya biarlah..orang mau bilang apa juga gw terima. Ya intinya satu : gw sedih, gw sakit dan gw pilu)

Rasanya gw pengen pulang aja, nyender di pundaknya nyokap sambil bersiul-siul kecil trus habis itu nyokap bakal mukul kepala gw karna beliau paling gag suka denger siulannya orang.

Tapi kayaknya gag mungkin deh...
Gw gag mungkin pulang dan ninggalin segudang tugas yang harus gw selesaiin sebelum Senin pagi.

Oh Tuhan,,,
Gw makin sedih, gw makin hancur, gw makin pilu, dan gw makin sakit.
Apa yang harus gw lakuin???

Ditambah lagi gw kembali inget (rasanya gw kembali nyelamin lautan memory di otak gw, dimana pada saat itu gw masih bisa denger suara abang gw meskipun cuma lewat telpon ngucapin HBD ama gw. Bukannya gw gag mensyukuri apa yang masih gw punya hanya saja Tuhan, sekarang gw lagi kangen banget sama abang gw yang udah gag ada. Ini tahun kedua dimana gw udah gag bisa lagi denger suaranya dya, lihat dya, nyium baunya dya, ngomelin dya, pokonya semua deh...

Gw sedih...
Tuhan...
Help me please...
:(